Jumat, 28 Oktober 2016

Ferdie di Hari yang Begitu Rapuh

Cast: 

Koko Ferdie as Ferdie
Chandra Widy as Chandra
Nikmatus Solikha as Julaika
Salmah Nurhaliza as Salman
Idha Febriana as Bibik Idha


Lapak sayur Julaika masih sepi, jadi dia punya banyak waktu buat lirik-lirik ke arah Ferdie dan Chandra (dua cowok paling kece dari komplek Araya) yang berjalan beriringan, bak bangsawan dan hansipnya.
“Oppa …” sapa Jul, berharap si pemilik jambul menoleh walau sedikit. Ya, memang, Ferdie menoleh. Tapi tatapannya itu lho, nggak seperti yang diharapkan. Sadis betul. Tatapan yang bikin Jul menjatuhkan tatapan matanya ke tanah.

“Apa? Oppa … Oppa …?” sinis Ferdie. “Nggak pantes kalau kamu ngomong ala Korea, yang ada aku nih yang ngerasa jadi mbah-mbah, dipanggil Oppah!”
“Ya maaf, Bang …”
“Malah dipanggil ‘bang’ … bang … bang … tut … cendelo lawang, maksudmu?”
Salah lagi deh, gue … Batin Julaika. Mungkin hal yang paling benar adalah ketika Jul mengabaikan cowok itu. Udah, pura-pura nggak liat aja.
“Udah, ya. Aku buru-buru mau ke kampus. Keburu telat lagi.” Ferdie membenahi posisi ranselnya, lalu menoleh pada Chandra, “Yuk, buruan, jangan liatin si tukang sayur mulu, ntar dia geer.”
“Tapi dia manis loh.”
Julaika yang samar-samar denger pujian Chandra langsung benerin hijab.
“Manis? Kayaknya kamu masih ngantuk, Chand.”
Ferdie menggeret lengan Chandra yang masih lambai-lambai ke arah Julaika. Si Tukang sayur cuma balas dengan senyum tipis. Sebelum dua cowok itu jauh, ada yang pengen Jul tanyain, nih. “Tumben nyeker, Bang? Mobil sport-nya yang warna ungu itu kemana?” celetuk Julaika, maksud hati bercanda. Tapi hari ini Ferdie lagi nggak mood denger lelucon. Banyak alasan kenapa dia sensi hari ini, salah satunya adalah disebabkan oleh Bibik Idha yang pulang kampung, jadi Ferdie nggak ada yang masakin sarapan dan terpaksa makan mie instan mentah yang diremukin.
“Heh, kamu buta warna ya?” sinis Ferdie. “Yang warna ungu itu boxerku, kalau mobil sport merah.”
Julaika senyum tipis, “Ya maaf, Bang. Tadi lidah aku typo.”
Di sebelah Ferdie, Chandra nahan ketawa. Wajahnya sampe kaku dan penuh urat. Ferdie kembali melajukan langkahnya tanpa peduli lagi sama si bakul sayur sialan itu. Tapi, sebelum Ferdie jauh, Julaika kembali nyeletuk. “Omong-omong, serius warna boxernya ungu?”
Ferdie menoleh dengan pelototan paling angker.
Makin angker ketika Julaika menambahkan, “No pict, hoax.”
Chandra langsung jongkok, ngakak sampai seluruh tubuhnya bergetar. “Good job, Mbak Julai,” komen Chandra disela-sela derai tawanya. Julaika cuma membalas pujian itu dengan senyum tipis, itu belum seberapa, batinnya. Chandra masih kram perut akibat gelak tawa ekstrimnya, nggak nyadar kalau sohib kentalnya udah nggak ada di lokasi. Ferdie sudah berlalu, bersama embun pagi yang mulai mengering. Ini masih pagi, dan sudah banyak hal yang nggak ngenakin hati.
“Loh, aku kok ditinggal sih?”
***
Saat dikampus, Ferdie sangat marah. Benar-benar marah sama Chandra, sampe-sampe cowok itu pura-pura nggak kenal sama sohibnya selama 30 menit. Selebihnya, Ferdie sudah lupa, dan bisa bermain lagi bareng Chandra.
“Fer...” suara Chandra begitu rendah, nyaris tak terdengar. Tapi beruntung Ferdie nggak budek, ia langsung menoleh ke arah Chandra meski dengan gerak kepala yang begitu minim.
“Hm?” sahutnya, begitu cool.
“Kamu ... kok kayaknya sebel banget sama Julaika ...”
Tapi, saat di kelas, mendadak Ferdie jadi sewot lagi. Tentu saja gara-gara Chandra ngebahas si tukang sayur.
Denger nama cewek bau sayur itu, mendadak Ferdie jadi kehilangan mood. Kedua bola matanya berputar malas. Sudah tahu Ferdie males banget sama Julaika, harusnya Chandra ngerti dong, jadi nggak perlu sebut namanya lagi.
“Iyalah. Siapa yang nggak sebel sama cewek keganjenan macam Jul? Geli sendiri liat kelakuannya.”
“Lho? Emang dia ngapain?” Chandra garuk dagu. Mencoba melempar ingatannya pada kelakuan Julaika. Kayaknya ia nggak nemu sejarah di mana Julaika melakukan tindak cabe-cabean, deh.
“Itu ...” Lho? Kok Ferdie jadi bingung mau bales apa ya? Chandra tergelak. “Udah ah, Fer. Kalau sebel sama orang jangan kelewatan. Ntar kamu malah balik naksir.”
Mendadak Ferdie jadi mual dan pengen muntah. Kan gawat, sarapan mie gorengnya tadi pagi bisa balik dan jadi mie kuah.
“Eh, lo kalo ngebacot jangan sembarangan. Gue sumpel kaus kaki baru tau rasa.” Ferdie mengangkat sebelah kakinya, barangkali cowok itu sudah melepas sepatunya untuk meraih kaus kaki jika tak ingat kalau ia punya hutang nasi padang sama Chandra.
“Ih, pake lo gue ... kayak kamu anak Jeketi ajah. Inget kampung halaman kita, Bro. Arema.” Chandra melet-melet meledek, kayak guguk kepanasan. Ferdie cuma bisa nepuk jidat, capek deh. Perdebatan mereka baru berakhir setelah pak Randi kembali dari kamar mandi. Wajahnya terlihat lebih segar, bikin Chandra nyengir, yakin dosennya itu baru cuci muka pakai Pons.
“Ngapain kamu senyum-senyum?” Ferdie penasaran, tapi Chandra hanya menggeleng.
“Sekarang, coba kumpulkan tugas yang kemarin.” Ucapan pak Randi barusan bikin Ferdie inget kalau dia lupa sesuatu yang paling penting dalam hidupnya: tugas! Mampus!
“Ferdie, kenapa wajah kamu tegang gitu?”
Ferdie tau, Pak Randi adalah orang paling peka di dunia ini. Bahkan pak Randi bisa dengan mudahnya baca ekspresi mahasiswa yang lupa akan tugasnya.
“Itu, tugas saya ketinggalan, Pak.”
“Kalau begitu, silakan tinggalkan kelas saya sekarang juga.”
“Tapi, Pak …”
“Pintunya ada di sebelah sana.” Pak Randi menunjuk ke arah pintu. Ferdie merasa hari rapuhnya mulai berkembang, makin dalam.
***
Mata kuliah berakhir dengan muka Ferdie yang lebih mirip cucian yang nggak disetrika, kusut. Dengan ditemani Chandra, Ferdie memutuskan segera melesat ke kantin, sayangnya di sana sudah ada Salman, kakak tingkat yang sudah kuliah lebih dari delapan tahun tapi nggak lulus-lulus. Konon, Salman bakal menghabiskan sisa usianya buat kuliah, tentu sambil malak adik-adik tingkatnya. Selain kemampuan Salman yang bikin dia nggak kunjung jadi sarjana, ternyata Salman ini sebenernya juga males cari kerja. Kalau bisa minta-minta--maksudnya malak, ngapain juga capek-capek kerja. Mending ongkang-ongkang kaki di kampus.
Ferdie menahan kaki Chandra yang hendak melangkah ke kantin.
“Kenapa lagi sih, Fer? Katanya kamu mau bayar utang dengan traktif aku cilok?”
Ferdie menggeleng. “Nggak sekarang, Chand.”
“Jadi ... kamu mau ingkar janji lagi?” Chandra memajang gurat wajah penuh kekecewaan. “Harusnya aku nggak pernah percaya sama kamu.”
Ferdie nginjek kaki Chandra. Risih banget sama kelakuan penuh pendramatisiran barusan. Nggak nyadar apa kalau tingkahnya udah bikin lirik-lirikan banyak mata yang tertuju pada dirinya. Dikira Ferdie abis ngapain aja. Ferdie akhirnya menarik tangan Chandra menjauh dari kantin. Langkahnya tergesa-gesa, tak lagi seperti bangsawan. Yah, Ferdie pikir masih mending ia terbirit-birit daripada dipalak sama preman kampus. Tapi, belum sampai jauh langkah Ferdie, langkahnya sudah kembali terhenti. Salmah menarik kerah baju bagian belakangnya.
“Mau pergi ke mane lo?”
Ferdie menoleh dengan gerakan leher patah-patah.
“Eh, abang Salman. Apa kabar, Bang?”
“Kabar baik. Sebaik mood gue buat nagih setoran ke elo.”
Glek! Ferdie menelan ludah seret. Harusnya tadi dia lebih cepat kaburnya, kalau sudah begini, alamat uang lima ribu rupiah saja dalam saku celananya bakal tiada. Padahal Ferdie harus mengganjal perutnya dengan sesuatu jika tidak ingin pingsan kelaparan. Yah, mungkin salahnya juga karena ngotot minta dibeliin mobil sport, ujung-ujungnya uang saku jadi dipangkah baut bayar angsuran mobil. Dan sekarang Ferdie lapar.
“Maaf, Bang. Aku pasti bayar setoran, tapi nggak sekarang ya.”
“Kapan? Nunggu angsuran mobil sport lo itu lunas? Kelamaan!” Salman ngacak-ngacak rambut Ferdie yang jambulnya baru aja dikasih gel. Salman bersungut saat merasakan tangannya lengket.
“Chand, mending kamu pergi dulu aja. Aku nggak mau kamu terlibat dalam masalahku,” ucap Ferdie tanpa menoleh ke arah Chandra.
“Oh, oke,” sahut Chandra ringan. Ferdie menatap Chandra seketika. Matanya yang berbicara, “Lo beneran sohib gue bukan, sih?”
Chandra ngerti bahasa tatapan itu, makanya dia balas. “Bukan untuk saat ini. Tapi mungkin 30 menit lagi kita bisa kembali berteman.”
Ferdie melemparkan sebelah sepatunya ke arah Chandra.
“Sialan lo!”
“Ampun, Fer. Denegerin penjelasan aku dulu. Aku pergi bukan buat ninggalin kamu, kok.” Chandra berbisik ke telinga Ferdie. “Aku cuma mau cari bantuan. Jadi, berjanjilah padaku kalo kamu harus bertahan hidup sampe aku kembali.” Sedetik kemudian, Chandra melesat dengan kecepatan cahaya. Ferdie mengela napas panjang, harusnya sebelum Chandra pergi tadi, ia mau nitip wasiat buat mamih di rumah, suruh beliin batu nisan. Buat siapa? Buat Chandra lah. Ferdie pastikan Chandra nggak bakal selamat setelah Ferdie ngelarin urusan sama Salman.
“Hoi, malah bengong, lo!” Salman narik kerah baju Ferdie. “Mana setoran???”
Ferdie pada akhirnya memilih mengalah, ia merogoh saku celana dan mengambil lembaran tunggal miliknya. “Cuma ini yang aku punya.”
“Asem! “ cengkraman di kerah baju Ferdie makin erat. “Lo mau mempermainkan gue?”
***
Saat Chandra kembali, wajah Ferdie sudah penuh biru-biru. Ferdie yang masih diketekin sama Salmah menatap penuh harap pada Chandra. Tapi, seketika itu Ferdie dibuat kecewa. Si Chandra yang ngaku sahabatnya itu memang datang membawa bala bantuan, tapi bukan hansip atau polisi yang ada si sebelahnya, melainkan Julaika dan bibik Idha, dua perempuan tak berdaya itu bisa apa??
Bik Idha yang baru kembali dari kampung pun langsung heboh melihat majikannya babak belur. Dengan daster kedororan, bik Idha berlari menghampiri Salman, lalu memukulnya pakai kemoceng. “Beraninya kamu bikin Den Ferdie kayak gini.”
“Aw ... Aw … “ Salman sontak melepaskan Ferdie.
“Momonganku dari kecil, aku aja nggak pernah mukul dia. Tapi, buat bang preman, makasih ya, udah mewakili aku buat kasih dia pelajaran. Dari kecil, tiap kali Den Ferdie nakal, aku ndak pernah berani mukul dia, takut dimarahi juragan mamih.”
Ferdie menoleh pada bik Idha dengan tampang tak percaya. “Kupikir biki Idha mencintaiku melebihi mamih.”
“Yang bener, bibik cinta uang melebihi juragan mamih.”
Mendadak Ferdie merasa hatinya kosong, sekosong lambungnya yang belum makan siang.
***
“Kamu nggak apa-apa?”  Julaika melirik ke arah Ferdie yang duduk di sebelahnya. Tumben-tumbenan Ferdie mampir ke lapaknya. Julaika pikir, Ferdie lagi kesambet hantu si manis jembatan ambrol, makanya dia nyasar ke lapak jualan Julaika.
“Kamu bisa pura-pura nggak lihat lebam di mukaku, dan anggaplah aku baik-baik saja.”
“Oh, okeh!” sahut Julaika. Ferdie menoleh ke arah Julaika. Heran, kok jawabannya beda dari apa yang dia harapkan, ya? Jul itu, naksir gue nggak sih? Pikirnya.
“Bisa aku minta tolong?” Ferdie mancing-mancing.
“Apa?”
“Jangan ceritakan pada siapapun apa yang kamu lihat di kampus tadi siang.”
“Oh, itu, tenang aja. Aku bahkan udah lupa, sampe akhirnya kamu bahas lagi barusan.”
Ferdie ngangguk-ngangguk. Meski hatinya gemas, kok responnya di luar dugaan lagi ya?
“Ada lagi?” tanya Jul. Ferdie menggeleng tanpa tenaga. Ia mulai lelah. Kayaknya hari ini kudu tidur lebih cepat.
“Aku balik dulu, Jul.” Ferdie bangkit berdiri. Julaika melemparkan jeruk ke arahnya. Dengan gesit Ferdie menangkapnya lalu mendekatkan ke hidung, menghirup aromanya dalam-dalam. Aku nggak inget kapan terakhir kali makan jeruk.
“Kamu, sih. Pakai acara kredit mobil sport segala.”
“Ya udah, aku balik ya.”
Fedie balik, sambil tetap menghirup aroma jeruk yang menurutnya bisa bikin terapi. Hari ini mungkin menyebalkan, tapi besok harusnya menyenangkan. Keep Smile. J



Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Diberdayakan oleh Blogger.

Download

Followers

© Mengulas Drama dan Film |